Wednesday, October 26, 2022

1.4.a.9. Aksi Nyata Modul 1.4_Nepi Mulyadi, S.Pd_CGP A6

 1.4.a.9. Aksi Nyata Modul 1.4 - Unggah Aksi Nyata

Durasi : 4 JP

Moda: Kegiatan Mandiri dan Membuat Webinar kecil atau group sharing

Tujuan Pembelajaran KhususCGP dapat menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman mereka mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif.  

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Anda telah sampai di penghujung modul 1.4. Sekarang saatnya Anda mengimplementasikan pemahaman Anda terkait budaya positif yang dapat membantu murid belajar dengan aman dan nyaman sesuai filosofi KHD. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapat kesempatan untuk membagikan pemahaman dan pengalaman kepada guru-guru di sekitar Anda.

Secara rinci, berikut adalah langkah-langkah untuk Aksi Nyata di modul 1.4 :

  1. Anda mendapat waktu 4 minggu untuk menjalankan dua hal , yaitu: (a) mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif di lingkungan kelas Anda, sesuai yang dibuat di tahap Koneksi Antarmateri, dan (b) membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya kepada rekan-rekan Anda. 
  2. Sepanjang proses penerapan, dokumentasikan proses yang terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang Anda anggap penting. Dokumentasi yang berupa foto atau video ini dapat Anda tunjukkan saat sesi berbagi. 
  3. Anda dapat melakukan sesi berbagi dengan dua moda:
    • moda luring, jika situasi memungkinkan, atau
    • moda daring, melalui webinar kecil atau berbagi dalam kelompok (group sharing).  Dalam webinar ini, Anda dapat mengundang minimal sepuluh (10) orang peserta. 
  4. Dalam sesi tersebut, Anda akan membagikan dua hal
    • pemahaman Anda terhadap konsep-konsep kunci dalam Modul Budaya Positif, yaitu perubahan paradigma belajar, disiplin positif, motivasi perilaku manusia, kebutuhan dasar, posisi kontrol restitusi, keyakinan kelas dan segitiga restitusi, 
    • pengalaman dan pembelajaran yang Anda dapat setelah menerapkan konsep-konsep kunci tersebut, baik di kelas dan/atau rumah Anda. 
  5. Rekamlah kegiatan ini dan unggahlah ke kanal YouTube dan PMM Anda (pada menu Bukti Karya).
  6. Kirimkan tautan video yang telah diunggah di YouTube Anda, dan screenshoot (tangkapan layar) bukti Anda telah menambahkan video tersebut ke PMM Anda  (pada menu Bukti Karya) sesuai petunjuk di bawah.
  7. Perhatikan rubrik penilaian Aksi Nyata yang disajikan dibawah.
  8. Kirimkan juga tautan video yang telah diunggah di YouTube/Google Drive Anda di 1.4.a.9.1. Aksi Nyata - Budaya Positif - Forum Berbagi Aksi Nyata agar Anda dapat saling bertukar umpan balik dengan rekan CGP lain.

 Setelah membuat koneksi antar materi, Anda juga diminta untuk menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah dengan mengisi Tabel Rancangan Tindakan Aksi Nyata dan mengunggahnya ke LMS


Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Judul Modul              : “Membangun Budaya Positif dengan Kesepakatan Kelas 

                                        dan Keyakinan Kelas”

Nama Peserta            : Nepi Mulyadi, S.Pd

 

A. Latar Belakang

Sekolah idaman adalah sekolah yang mampu menciptakan kenyaman dan memberikan kemerdekaan untuk hidup dan berkembang bagi peserta didik sesuai kodratnya. Sekolah tersebut terhindar dari segala macam bentuk penindasan, bulliying, kekerasan dan pemaksaan terhadap warga sekolah khususnya peserta didik. Sekolah tersebut akan berusaha sekuat tenaga untuk menciptakan suasana yang penuh dengan kehamonisan dan pembiasaan positif.

Faktanya kebanyakan lingkungan sekolah belum memberikan keleluasaan kepada peserta didik. Peserta didik masih terkekang dengan budaya negatif. Peserta didik menghindari pelanggaran karena takut dikucilkan. Peserta didik menantaati peraturan karena takut dihukum atau menerima konsekuensi yang berat dan dapat menurun nama baiknya. Akibatnya peserta didik melakukan kebaikan hanya pada saat di sekolah atau hanya pada saat di depan orang yang lain seperti di depan anggota OSIS di depan Guru dan yang lainnya. Keteraturan yang mereka lakukan tidak berasal dari kesadaran dan dari dalam hati mereka masing-masing. Keteraturan tersebut bukanlah sebuah kebiasaan akan tetapi ketakutan dan mencari perhatian.

Seyogyanyalah sekolah harus berusaha menciptakan iklim pendidikan yang mampu membiasakan setiap warganya khususnya peserta didik melakukan budaya positif. Budaya yang mengakar kuat dan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan secara kontinyu dan sadar oleh setiap warga sekolah. Semua pihak harus terlibat dalam pembiasaan positif tersebut. Pembiasaan positif yang merupakan budaya positif akan menjadi budaya sekolah. Budaya yang dipegang teguh oleh seluruh warga sekolah dan menjadi kekhasan dari sekolah tersebut. Budaya tersebut harus terintegrasi dalam seluruh kegiatan sekolah, baik dalam pra pembelajaran, proses pembelajaran ataupun di luar kelas seperti dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pertanyaannya adalah bagaimana budaya positif dapat tumbuh dan tertanam dalam proses pembelajaran, bagaimana budaya positif dapat terbiasa dilakukan dalam kegiatan ekastrakurikuler. Harapannya jika budaya positif mengakar dalam diri setiap peserta didik, maka secara tercipta profil pelajar pancasila.

B. Tujuan

  1. Menumbuhkan budaya positif dengan kesepakatan kelas.
  2. Menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar pancasila pada diri peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Mengintegrasikan dan membiasakan peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan ekstrakurukuler.

C. Tolak Ukur

  1. Peserta didik mampu membuat kesepakatan kelas yang dipasang dinding kelas.
  2. Peserta dapat mengaplikasikan nilai-nilai profil pelajar pancasila secara sadar dan kontinyu dalam proses belajar.
  3. Peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sadar mengamalkan nilai-nilai profil pelajar pancasila.

D. Linimasa tindakan yang dilakukan

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan:

  1. Sosialisasi kepada seluruh warga sekolah meliputi kepala sekolah, guru, peserta didik, dan tenaga kependidikan terkait disiplin positif, kesepakatan kelas dan profil pelajar pancasila.
  2. Guru menjelaskan tentang pengertian dan pentingnya kesepakatan kelas.
  3. Guru memfasilatasi peserta didik untuk membuat kesepakatan kelas.
  4. Kesepakatan kelas yang telah disepakati selanjutnya ditandatangani seluruh warga kelas dan dipasang di dinding kelas.
  5. Sosialisasi kepada seluruh peserta didik baru tentang penumbuhan karakter dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan pentingnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat.
  6. Menumbuhkan, menanamkan dan membiasakan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan kegiatan ekstrakurikuler.
  7. Mendokumentasikan setiap kegiatan ekstrakurikuler yang menumbuhkan, mencerminkan dan membiasakan nilai-nilai profil pelajar pancasila.

E. Dukungan yang dibutuhkan

  1. Orang tua di rumah dalam membiasakan budaya positif.
  2. Warga sekolah sebagai role model/ teladan bagi peserta didik dalam menanamkan budaya positif.
  3. Seluruh warga sekolah berkolaborasi, bergotong royong dan bergerak bersinergis dalam menciptakan serta membiasakan budaya positif di sekolah.

Berikut hasil kesepakatan bersama dengan kelas XII TKJ SMKN 1 Sawahlunto, berdasarkan keyakinan kelas yang dibuat secara bersama-sama :


Bersikap Positif

No

Tampak Seperti (Keyakinan Kelas dan Kesepakatan Kelas)

Tidak Tampak Seperti

1

Datang tepat waktu

Sering hadir terlambat

2

Menghormati guru

Mencemooh Guru

3

Menghargai teman

Mencemooh Teman

4

Bersikap jujur

Sering Berdusta

5

Rendah hati dan baik kepada orang lain

Sombong dan jahat kepada orang lain

6

Menaati peraturan dan tata tertib sekolah

Melanggar peraturan dan tata tertib sekolah

7

Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah sembarangan

8

disiplin

Tidak teratur

9

Bertanggung jawab

Tidak bertanggung jawab

10

Menggunakan pakaian sesuai hari

Memakai pakaian sembarangan

11

Sholat berjamaah

Tidak sholat

12

Guru memberikan apresiasi terhadap anak muridnya

Guru tidak acuh terhadap anak muridnya



Berikut Link Video Praktik Segitiga Restitusi Modul 1.4 :


Berikut Link Video Koneksi Materi Modul 1.1, 1.2, 1.3 dan 1.4 :


Berikut Link Video Aksi Nyata Modul 1.4 :


Terima Kasih....Semoga Bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada. CGP...