Wednesday, February 22, 2023

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. Berikut Link Video yang akan di analisis :

 


Berikut adalah tabel penjelasan BAGJA sebagai pengingat secara singkat, untuk lebih rincinya silahkan Bapak dan Ibu CGP membaca ulang dari modul 1.3 pada LMS.


Gunakan pertanyaan - pertanyaan di bawah ini untuk membantu menganalisis video.

  • Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
  • Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
  • Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  • Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

    1. B
    2. A
    3. G
    4. J
    5. A
  • Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
  • Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

TAGIHAN
Hasil analisis menonton video praktik baik berupa narasi.

Jawab :

HASIL ANALISIS 

1.     Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Jawab :

Visi Sekolah tempat guru tersebut mengabdi adalah :

"MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER, KREATIF, MANDIRI, DAN KOLABORATIF"

2.     Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Jawab :

Prakarsa perubahan yang akan dilakukan adalah : 

“Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar”

3.     Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Jawab :

Pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar, lalu perubahan apa yang bisa kita lakukan dalam kelas kita sendiri dengan begitu banyaknya potensi dan asset/kekuatan yang bisa menjadi penyemangat belajar secara berkelanjutan.

4.  Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

    1. B
    2. A
    3. G
    4. J
    5. A

Jawab :

Kegiatan atau tindakan yang dilakukan guru dalam tayangan video tersebut dengan menggunakan tahapan BAGJA adalah sebagai berikut;

  1. B – Buat pertanyaan Utama 

·      Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukan.

·      Guru berkoordinasi dengan teman sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan yang akan dilakukan.

·      Meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar 

·      Meminta pendapat murid tentang apa saja yang disukai di dalam kelas 

·      Mengajak murid untuk berkunjung kekelas 2 dan kelas 6 guna melihat hal-hal yang mereka sukai 

  1. A – Ambil Pelajaran

·      Guru memfasilitasi untuk melakukan survey secara langsung ke kelas 2 dan kelas 6 yang memiliki karya karya kelas yang beragam yang ditempelkan

·      Guru memberi kesempatan kepada murid untuk mencari inspirasi seluas – luasnya

·      Guru memfasilitasi murid dalam kelompok untuk mendiskusikan apa yang mereka sukai dari kelas lain dan apa dari kelas kita 

·      Guru menampung semua pendapat murid 

·      Guru memandu murid untuk mencari pengalaman positif dari kelas lain untuk dijadikan pelajaran 

 

  1. G – Gali Mimpi 

·      Guru memfasilitasi kelompok untuk mengambil bahan-bahan untuk menuliskan kelas yang mereka impikan. 

·      Guru meminta murid untuk membayangkan kelas impian mereka 

·      Guru meminta murid untuk menjelaskan design kelas yang mereka impikan sebagai penyemangat belajar 

·      Guru meminta murid untuk menyampaikan / mempresentasikan gagasan dari tiap kelompok dari kelas yang mereka impikan  

  1. J – Jabarkan Rencana 

·      Guru membimbing murid untuk membuat daftar hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat kelas impian

·      Murid menyampaikan beberapa hal / ide untuk mewujudkan kelas impian, seperti : lantai yang bersih, dinding yang penuh hiasan, kursi yang bisa diubah – ubah, adanya rak buku dan lain sebagainya.

·      Murid diajak berkontribusi dalam membuat kelas impian tersebut

·      Guru membagi tugas secara berkelompok sebagai tanggung jawab bersama untuk mewujudkan kelas impian. 

  1. A – Atur Eksekusi 

·      Menentukan pembagian tugas kerja bagi murid secara berkelompok

·      Menyepakati waktu pelaksanaan untuk melakukan penyusunan kelas impian bersama dengan murid

·      Guru bersama-sama dengan murid menyiapkan alat dan bahan untuk mewujudkan kelas impian

·      Guru membimbing murid dalam pelaksanaan penyusunan kelas impian

  1. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Jawab :

Peran Pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut adalah : 

·  Guru tersebut menunjukkan sebagai pemimpin pembelajaran yang mandiri dan penuh inisiatif untuk melakukan prakarsa perubahan 

·      Guru yang inovatif dan kreatif dalam mengelola kelas 

·      Guru yang berpihak pada murid dan memikirkan kemajuan murid dalam belajar 

·     Guru memegang kendali dalam mengambil keputusan yang bijak dan melaksanakan keputusan

·    Memastikan adanya interaksi dua arah sehingga murid merasa dirinya penting, dan menjadi dirinya sendiri dengan variasi pembelajaran yang beragam 

·      Kelas yang diajar lebih bernuansa komunitas 

·      Terbuka untuk berkolaborasi dengan murid dan rekan sejawat 

  1. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Jawab :

Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video tersebut dan pemanfaatannya adalah sebagai berikut :

a.     Modal Manusia

·     Memanfaatkan kecerdasan dan kreativitas dari murid – murid  di sekolahnya untuk merancang kelas yang bisa memberikan penyemangat dalam pembelajaran.

·      Memiliki guru yang kompeten dan profesionalisme yang bisa berkomunikasi baik dengan murid 

·           Murid yang memiliki potensi yang beragam yang siap dikembangkan 

·           Adanya pemangku kepentingan yang siap mendukung program prakarsa perubahan yang direncanakan oleh guru 

b.     Modal Sosial

·           Bekerja sama dengan rekan sejawat 

·           Bekerja sama dengan guru kelas 2 dan kelas 6 untuk menjadi kelas inspirasi 

c.     Modal Politik

·           Kepala Sekolah yang mendukung 

·           Guru dan murid yang terbuka 

d.     Modal Agama dan Budaya

Memiliki hubungan yang baik antar warga sekolah serta masyarakat dan lingkungan sekolah

e.     Modal Fisik

·           Memanfaatkan ruang kelas sebagai media mewujudkan kelas impian 

·  Sekolah yang asri dan mendukung murid untuk melakukan perubahan pembelajaran 

·    Memiliki tempat bermain yang luas untuk menumbuhkan karakter dan budi pekerti 

f.       Modal Lingkungan Alam

·           Menggunakan ruang kelas sebagai area penyemangat belajar 

·    Lingkungan alam sekolah yang asri mendukung interaksi murid yang penuh keakraban sehingga memunculkan kreativitas dari murid 

g.     Modal Finansial

    Sekolah memiliki sumber keuangan yang jelas, baik dari pemerintah, orang tua murid, dan donatur yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mewujudkan sekolah yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

No comments:

Post a Comment

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada. CGP...