Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa
perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan
video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran
dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang
dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan
mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan
lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang
menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas
pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP
kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA
yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. Berikut Link Video yang akan
di analisis :
Berikut adalah tabel penjelasan BAGJA sebagai pengingat
secara singkat, untuk lebih rincinya silahkan Bapak dan Ibu CGP membaca ulang
dari modul 1.3 pada LMS.
Gunakan pertanyaan - pertanyaan di bawah ini untuk membantu menganalisis video.
- Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam
video tersebut mengabdi?
- Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru
dalam tayangan video?
- Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan
oleh guru dalam tayangan video tersebut?
- Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam
tayangan video yang menggambarkan tahapan:
- B
- A
- G
- J
- A
- Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
- Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin
pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
TAGIHAN
Hasil analisis menonton video praktik baik berupa narasi.
Jawab :
HASIL
ANALISIS
1.
Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video
tersebut mengabdi?
Jawab :
Visi Sekolah tempat guru tersebut
mengabdi adalah :
"MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER,
KREATIF, MANDIRI, DAN KOLABORATIF"
2.
Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru
dalam tayangan video?
Jawab :
Prakarsa perubahan yang akan
dilakukan adalah :
“Mewujudkan kelas yang nyaman dan
menyenangkan untuk belajar”
3.
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh
guru dalam tayangan video tersebut?
Jawab :
Pertanyaan utamanya adalah bagaimana
cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar, lalu perubahan
apa yang bisa kita lakukan dalam kelas kita sendiri dengan begitu banyaknya
potensi dan asset/kekuatan yang bisa menjadi penyemangat belajar secara
berkelanjutan.
4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam
tayangan video yang menggambarkan tahapan:
- B
- A
- G
- J
- A
Jawab :
Kegiatan atau tindakan yang
dilakukan guru dalam tayangan video tersebut dengan menggunakan tahapan BAGJA adalah
sebagai berikut;
- B – Buat pertanyaan Utama
· Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang prakarsa
perubahan yang akan dilakukan.
· Guru berkoordinasi dengan teman sejawat untuk merumuskan
prakarsa perubahan yang akan dilakukan.
· Meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa
saja yang dapat meningkatkan semangat belajar
· Meminta pendapat murid tentang apa saja yang disukai di
dalam kelas
· Mengajak murid untuk berkunjung kekelas 2 dan kelas 6 guna
melihat hal-hal yang mereka sukai
- A – Ambil Pelajaran
· Guru memfasilitasi untuk melakukan survey secara langsung ke
kelas 2 dan kelas 6 yang memiliki karya karya kelas yang beragam yang
ditempelkan
· Guru memberi kesempatan kepada murid untuk mencari inspirasi
seluas – luasnya
· Guru memfasilitasi murid dalam kelompok untuk mendiskusikan
apa yang mereka sukai dari kelas lain dan apa dari kelas kita
· Guru menampung semua pendapat murid
· Guru memandu murid untuk mencari pengalaman positif dari
kelas lain untuk dijadikan pelajaran
- G – Gali Mimpi
· Guru memfasilitasi kelompok untuk mengambil bahan-bahan
untuk menuliskan kelas yang mereka impikan.
· Guru meminta murid untuk membayangkan kelas impian
mereka
· Guru meminta murid untuk menjelaskan design kelas yang
mereka impikan sebagai penyemangat belajar
· Guru meminta murid untuk menyampaikan / mempresentasikan
gagasan dari tiap kelompok dari kelas yang mereka impikan
- J – Jabarkan Rencana
· Guru membimbing murid untuk membuat daftar hal-hal yang
dibutuhkan untuk membuat kelas impian
· Murid menyampaikan beberapa hal / ide untuk mewujudkan kelas
impian, seperti : lantai yang bersih, dinding yang penuh hiasan, kursi yang
bisa diubah – ubah, adanya rak buku dan lain sebagainya.
· Murid diajak berkontribusi dalam membuat kelas impian tersebut
· Guru membagi tugas secara berkelompok sebagai tanggung jawab
bersama untuk mewujudkan kelas impian.
- A – Atur Eksekusi
· Menentukan pembagian tugas kerja bagi murid secara
berkelompok
· Menyepakati waktu pelaksanaan untuk melakukan penyusunan
kelas impian bersama dengan murid
· Guru bersama-sama dengan murid menyiapkan alat dan bahan
untuk mewujudkan kelas impian
· Guru membimbing murid dalam pelaksanaan penyusunan kelas
impian
- Apa
peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Jawab :
Peran Pemimpin yang tergambar dalam
tayangan video tersebut adalah :
· Guru tersebut menunjukkan sebagai pemimpin pembelajaran yang
mandiri dan penuh inisiatif untuk melakukan prakarsa perubahan
· Guru yang inovatif dan kreatif dalam mengelola kelas
· Guru yang berpihak pada murid dan memikirkan kemajuan murid
dalam belajar
· Guru memegang kendali dalam mengambil keputusan yang bijak
dan melaksanakan keputusan
· Memastikan adanya interaksi dua arah sehingga murid merasa
dirinya penting, dan menjadi dirinya sendiri dengan variasi pembelajaran yang
beragam
· Kelas yang diajar lebih bernuansa komunitas
· Terbuka untuk berkolaborasi dengan murid dan rekan
sejawat
- Apa
saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam
tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?
Jawab :
Modal utama yang dimanfaatkan oleh
pemimpin pembelajaran dalam tayangan video tersebut dan pemanfaatannya adalah
sebagai berikut :
a.
Modal Manusia
· Memanfaatkan kecerdasan dan kreativitas
dari murid – murid di sekolahnya untuk
merancang kelas yang bisa memberikan penyemangat dalam pembelajaran.
· Memiliki guru yang kompeten dan
profesionalisme yang bisa berkomunikasi baik dengan murid
·
Murid yang memiliki potensi yang beragam
yang siap dikembangkan
·
Adanya pemangku kepentingan yang
siap mendukung program prakarsa perubahan yang direncanakan oleh guru
b.
Modal Sosial
·
Bekerja sama dengan rekan
sejawat
·
Bekerja sama dengan guru kelas 2 dan
kelas 6 untuk menjadi kelas inspirasi
c.
Modal Politik
·
Kepala Sekolah yang mendukung
·
Guru dan murid yang terbuka
d.
Modal Agama dan Budaya
Memiliki hubungan yang baik antar
warga sekolah serta masyarakat dan lingkungan sekolah
e.
Modal Fisik
·
Memanfaatkan ruang kelas sebagai
media mewujudkan kelas impian
· Sekolah yang asri dan mendukung
murid untuk melakukan perubahan pembelajaran
· Memiliki tempat bermain yang luas
untuk menumbuhkan karakter dan budi pekerti
f.
Modal Lingkungan Alam
·
Menggunakan ruang kelas sebagai area
penyemangat belajar
· Lingkungan alam sekolah yang asri mendukung
interaksi murid yang penuh keakraban sehingga memunculkan kreativitas dari
murid
g. Modal Finansial
Sekolah memiliki sumber keuangan yang jelas, baik dari pemerintah, orang tua murid, dan donatur yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mewujudkan sekolah yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
No comments:
Post a Comment