Thursday, September 1, 2022

Kesimpulan dan Refleksi Terhadap Pemikiran-Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

  1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?
    Jawab :
   Sebelum saya membaca dan mempelajari pemikiran-pemikiran dari Ki Hajar Dewantara, saya sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di SMK Negeri 1 Sawahlunto percaya bahwa dengan tindakan-tindakan tegas dan menghukum siswa bisa merubah perilakunya. Namun perubahan yang terjadi cuma didasari oleh rasa takut dan bersifat sementara, bukan atas kesadaran pribadinya. Saya belum sepenuhnya menyadari akan keberadaan kodrat alam sang anak, sehingga sering marah-marah ketika ada anak yang lamban dalam satu pelajaran. Dan saya sebagai Guru belum banyak memberikan dan menerapkan model-model pembelajaran yang  menyenangkan bagi anak.

  1. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 
    Jawab :
    Setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara, pemikiran yang berubah dari saya adalah bahwa saya harus memberikan tuntunan kepada anak didik dengan lebih sabar dan ikhlas, karena mereka masing-masing unik dan berbeda. Tidak perlu memberikan hukuman yang sifatnya tidak mendidik, memberikan teladan agar mereka bisa melihat dan menirunya. Memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka dengan mencoba berbagai macam model pembelajaran.
  1. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?
    Jawab :


  Hal terpenting yang harus dilakukan seorang guru adalah menghormati dan memperlakukan anak dengan sebaik-baiknya sesuai kodratnya, melayani mereka dengan setulus hati, memberikan teladan (ing ngarso sung tulodho), membangun semangat (ing madyo mangun karsodan memberikan dorongan (tut wuri handayanibagi tumbuh kembangnya anak. Menuntun mereka menjadi pribadi yang terampil, berakhlak mulia dan bijaksana sehingga mereka akan mencapai kebahagiaan dan keselamatan.

    Yang segera bisa saya terapkan dari pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah tidak memberikan hukuman-hukuman kepada siswa, lebih sabar dalam membimbing, mengenali lebih dalam karakter dan latar belakang siswa (keluarga/lingkungan) dengan menjalin komunikasi dengan orang tuanya. Memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa melalui pemilihan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Dan mulai saat sekarang saya berencana di awal pembelajaran membuat Kesepakatan / Kontrak Belajar dengan siswa saya. Dengan demikian akan terlihat kesadaran siswa dalam pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman yang dimiliki oleh masing-masing anak di kelas pembelajaran saya.

No comments:

Post a Comment

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada. CGP...