Sunday, September 20, 2020

Kiat Menyusun Penulisan Yang Menarik




Narasumber Pakar : Asma Nadia

(Novelis Best Seller di Indonesia)

Kiat Menyusun Penulisan Yang Menarik


Dalam penyampaian Mbak Asma Nadia, Menulis bagi saya adalah :

1. Bukan sekedar ide bagus

2. Berawal dari keresahan

3. Buku sebagai kebutuhan bukan hiburan waktu luang (menulis = keterampilan, keterampilan = bisa dipelajari)

Apakah kita ingin dikenang, maka menulislah dengan baik maka kita akan dikenang jauh melebihi umur kita. Perlukah bakat dalam menulis ? dan saya tidak memiliki bakat dalam menulis, maka sama dengan saya ujar Asma Nadia, karena dalam menulis hanya diperlukan 5 % keberuntungan, 5 % bakat dan 90 % kerja keras. Mana yang jauh lebih penting motivasi atau teknik dalam menulis. Maka hal yang sangat penting adalah motivasi, temukanlah alasan yang kuat dalam menulis maka ketika kita terbentur dan terhalang maka alasan yang kuat itu akan memberikan semangat dalam menulis. 

Oleh sebab itu temukanlah alasan yang kuat tersebut dalam menulis, saya Asma Nadia adalah orang yang sakit-sakitan dan tahun kedua saya kuliah di IPB saya berhenti kuliah karena kondisi kesehatan, karena kondisi inilah saya mempunyai alasan yang kuat dalam menulis. Dan sekarang saya senang sekali Buku saya di jadikan rujukan oleh mahasiswa S1 dan S2 sementara saya tidak sarjana. Mulailah menulis di setiap media sosial anda, maka ini merupakan investasi di dunia dan di akhirat. Cari cara agar kita bisa membuat buku yang menjadi kebutuhan di masyarakat. Menulis itu murni keterampilan, dan keterampilan itu bisa dipelajari. Latihan menulis termudah adalah menuliskan pengalaman kita masing-masing, karena pengalaman itu merupakan kekayaan khas yang hanya kita yang punya. 

Kunci tulisan menarik adalah :

1. Ide yang menarik (baru dan dekat dengan pembaca)
2. Teknik penyajian (judul, konflik yang kuat, setting yang tepat, penokohan yang menarik, bentuk cerita, dan ending yang berkesan).

Khusus untuk buku menarik (best seller) :
1. Gagasan dan Isi buku menarik
2. Segmentasi yang jelas
3. Pembaca perempuan
4. Sosok buku
5. Dibutuhkan
6. Waktu yang tepat
7. Promo
8. Sosial Media
9. Pesan

Saya berharap rekan-rekan Guru bisa menjadi penulis, dan untuk menulis jangan di edit dulu, tulis aja dulu nanti terakhir baru di edit dan bergabunglah dengan komunitas penulis.

Berikut silahkan di download file slide PDF-nya tentang Kiat Menyusun Penulisan Yang Menarik :

Materi Kiat Menyusun Penulisan Yang Menarik


SLOGAN
"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"

No comments:

Post a Comment

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada. CGP...